Senin, 21 Oktober 2019
  Bripda Nesti Telah Dipecat dari Institusi Polri | Kemenperin Hapus Regulasi Penghambat Ekspor | Prabowo Akan Hadiri Pelantikan Jokowi Sebagai Presiden RI | Akan Ada Wakil Papua di Kabinet 2019-2024 | Bupati HM Wardan Buka Lomba Cipta Menu Ikan Tahun 2019 | Ini Identitas Pelaku Penusuk Wiranto di Pandeglang
 
 
Sabtu, 12/10/2019 - 11:28:14 WIB
Diduga Kuat Terkait Kelompok JAD
Bripda Nesti Telah Dipecat dari Institusi Polri
Sabtu, 12/10/2019 - 11:20:04 WIB
Antisipasi Resesi Global
Kemenperin Hapus Regulasi Penghambat Ekspor
Sabtu, 12/10/2019 - 10:19:46 WIB
Periode 2019-2024
Prabowo Akan Hadiri Pelantikan Jokowi Sebagai Presiden RI
Sabtu, 12/10/2019 - 10:12:02 WIB
Diumumkan Setelah Pelantikan Presiden
Akan Ada Wakil Papua di Kabinet 2019-2024
Kamis, 10/10/2019 - 14:36:43 WIB
Bupati HM Wardan Buka Lomba Cipta Menu Ikan Tahun 2019
Kamis, 10/10/2019 - 14:19:50 WIB
Akibat Luka Tusuk, Wiranto Dilarikan di RSUD
Ini Identitas Pelaku Penusuk Wiranto di Pandeglang
Kamis, 10/10/2019 - 14:01:16 WIB
Pelaku Pakai Pisau
Detik-detik Wiranto Diserang di Pandeglang
Sabtu, 04/03/2017 - 09:13:32 WIB
Keunggulan Ford Fiesta ST
Kencang dan Bisa Matikan Satu Silinder
Sabtu, 25/03/2017 - 20:00:28 WIB
Siapkan Motor Baru Lagi
Suzuki Kian Bergairah
Selasa, 23/10/2018 - 14:31:38 WIB
Keputusan Nafa Urbach jadi Caleg, Ini Respon Zack Lee
Jumat, 05/10/2018 - 13:26:48 WIB
KPK: Wali Kota Pasuruan Dapat Jatah 10 Persen dari Proyek Rp 2,2 M
Sabtu, 04/03/2017 - 09:05:49 WIB
Tidak Ada di Hatchback Lain
Fitur Baru Hyundai i20 Sport
Kamis, 18/10/2018 - 18:49:33 WIB
Trump Minta Bukti Rekaman Jurnalis Arab Saudi yang Hilang kepada Turk
Minggu, 26/02/2017 - 18:38:18 WIB
Hindari Barang Palsu
Berikut Tips Memilih GPS Mobil Terbaik
 
Pelalawan
Hadiri Pelantikan 35 Anggota DPRD Pelalawan
HM Harris Ajak Dewan Sinergi Bangun Daerah

Pelalawan - Laporan: mn/kh - Selasa, 27/08/2019 - 19:45:37 WIB
Bupati Pelalawan HM Harris saat mengahadiri Pelantikan anggota DPRD Pelalawan periode 2019-2024 di gedung daerah Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Selasa (27/8) pagi kemarin. Foto: Sidik
Pelalawan, Riausidik.com -Puluhan elemen masyarakat Kabupaten Pelalawan berbondong-bondong menghadiri pelantikan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan periode 2019-2024 hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Selasa (27/8) pagi kemarin. Bahkan, Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM.

Bersama seluruh kepala OPD Pemkab Pelalawan, juga turut andil menyaksikan pelantikan para anggota legislatif tersebut.

Dalam amanatnya, Bupati Pelalawan HM Harris terlebih dalu membacakan sambutan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi yang berhalangan hadir karena urusan pemerintahan. Dimana Gubernur Riau berpesan agar

pelaksanaan pelantikan anggota DPRD Pelalawan periode 2019-2024 ini, merupakan amanat pasal 156 UU RI nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang harus diambil sumpah jabatannya secara bersama-sama dan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri melalui rapat paripurna Kabupaten/Kota.

"Untuk itu, saya berharap para anggota DPRD Pelalawan yang telah dilantik dapat mengemban amanah secara jujur, adil dan penuh integritas," bebernya.

Diungkapkannya, bahwa dirinya berharap agar anggota DPRD Pelalawan yang telah dilantik dapat fokus untuk melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislagi DPRD. Kemudian, juga diharapkan dapat memaksimalkan peran dalam fungsi budgeting atau penyusunan anggaran untuk kepentingan rakyat. Dan juga diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengawasan dengan efektif dan obyektif yang dijalankan dengan niat tulus demi berlangsungnya proses kontrol yang seimbang terhadap tugas eksekutif dalam menjalankan manajemen pemerintahan dan pembangunan daerah.

"Dan terakhir, saya juga berharap kepada anggota DPRD Yang telah dilantik untuk tetap terus semangat bersinergi dengan Pemerintah terutama dalam program-program pembangunan, baik dari pusat, Provinsi maupun dari Kabupaten Pelalawan. Dan apabila semua itu dapat diwujudkan, maka semua agenda-agenda yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Pelalawan pada saat ini dan kedepannyam dapat terlaksana dengan baik dan sukses sebagaiman harapan kita semua," tuturnya.

Usai membacakan sambutan Gubri, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Pelalawan periode 2014-2019, karena sudah melaksanakan tugas konstitusi dengan baik dalam kemajuan pembangunan di Kabupaten Pelalawan.

"Dan untuk yang tidak terpilih, tetap akan kami ajak sebagai tokoh masyarakat untuk bersama-sama membangun Negeri Seiya Sekata ini. Artinya, ini awal proses perjuangan dan pengabdian kepada masyarakat yang perlu diakhiri yaitu kontestasi politik, jadi mari terus bersinergi membangun daerah kita," terangnya.


Sedangkan untuk anggota DPRD Pelalawan terpilih, dirinya berharap dapat mengikuti tugas-tugas konstitusi. Tugas dan fungsinya yang dimaksud yakni membuat peraturan daerah yang dirasa perlu untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Pelalawan kedepannya. Serta ikut mewarnai pembangunan kesejahteraan yang diterima masyarakat.

"Dan saya juga meminta agar para anggota DPRD Pelalawan terpilih, dapat melaksanakan kontrol dari semua lini. Baik itu fisik maupun masyarakatnya. Dan saya juga berharap agar selalu ada komunikasi yang bersinergi antara eksekutif dengan legislatif. Pasalnya, tujuan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pelalawan akan tercapai jika eksekutif dan legislatif bersinergi. Jadi, antara eksekutif dan legislatif merupakan kemitraan sehingga harus selalu ada komunikasi yang baik," paparnya.

Lanjut mantan Ketua DPRD Pelalawan dau periode in, bahwa setiap orang yang dilantik, tentunya memiliki rasa bangga tersendiri, tapi kebanggaan itu tidak boleh membuat terlena.

"Artinya, selama menjalankan amanah telah banyak berbaris tantangan, baik itu kebutuhan dan harapan masyarakat, olehnya itu jadikan peluang dan tanamkan motivasi di dalam diri kita untuk terus menjadi lebih baik ke depan," ucapnya.

Ditambahkannya, bahwa sejak tahun 2012 lalu hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan telah menerapkan tujuh program strategis pembangunan. Ketujuh program pembangunan tersebut yakni program Pelalawan Sehat yang merupakan program unggulan dalam rangka menciptakan kondisi sehat masyarakat yang dimulai dari sehat lingkungan dan kemudian mewujudkan sehat individual penduduk, dengan meningkatkan ualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan, memberikan pelayanan gratis bagi seluruh penduduk di Puskesmas, memberikan jaminan layanan rujukan gratis bagi penduduk miskin dan mendekati miskin, serta menghidupkan kembali budaya gotong royong penyehatan lingkungan.

"Dan dalam implementasi program Pelalawan sehat ini, kita telah membiaya seluruh pengobatan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Artinya, pengobatan ini dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya," katanya.

Kemudian ada program Pelalawan Cerdas yang merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memperkuat penyelenggaraan pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dimana mulai Tahun Ajaran 2013/2014 lalu, Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah menjalankan program pendidikan gratis 9 tahun dengan menghilangkan pungutan di sekolah, serta penyediaan perlengkapan sekolah bagi siswa miskin. Selain

itu, juga ada program Pelalawan Terang, yang merupakan program unggulan dalam rangka upaya peningkatan elektrifikasi rumah tangga dan perluasan pemanfaatan sumberdaya listrik dalam menunjang aktifitas ekonomi, sosial dan budaya dengan fasilitasi pembangunan pembangkit listrik dan pembangunan jaringan listrik sampai ke pelosok Desa. Dampak dari Program Pelalawan Terang ini adalah meningkatnya secara signifikan Rasio Elektrifikasi Rumah Tangga di Kabupaten Pelalawan hingga 80 persen pada tahun 2018.

"Belum lagi program Pelalawan Lancar yaitu upaya memperkuat dan memperluas pembangunan prasarana perhubungan untuk menciptakan lancarnya arus orang dan barang, serta percepatan penyediaan infrastruktur dasar di desa dan kelurahan. Program Pelalawan Lancar dan PPIDK berdampak pada semakin membaik dan meluasnya akses antar kecamatan dan antar desa, serta berkurangnya daerah terisolir yang didukung dengan adanya penambahan jumlah sarana dan prasarana perhubungan dan jumlah sarana dan prasarana dasar di desa. Dan juga ada program Pelalawan Makmur, yakni upaya meningkatkan produksi dan distribusi kebutuhan pangan, dengan intensifikasi padi di kecamatan potensial, meningkatkan produksi peternakan, perikanan dan perkebunan di berbagai kecamatan. Program Pelalawan Makmur berdampak pada semakin membaiknya penyediaan dan distribusi bahan pangan serta peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.


Selain itu, sambung Bupati Pelalawan dau periode ini, program lainnya yakni program Pelalawan Eksotis, yaitu upaya mewujudkan Kabupaten Pelalawan yang eksotis sebagai tujuan Wisata Nasional dan Dunia, dengan

mengembangkan Ekowisata Bono berbasis masyarakat sebagai ikon utama, ditunjang objek wisata pendukung lainnya. Pelalawan Eksotis telah berdampak pada semakin dikenalnya daerah ini di nusantara dan berbagai negara serta semakin meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Kabupaten Pelalawan. Dan terakhir Program Pelalawan Inovatif yaitu, upaya meningkatkan daya saing daerah melalui

pendekatan inovatif dengan membangun kawasan ekonomi baru yang mengintegrasikan industri bernilai tambah tinggi dengan pusat riset dan perguruan tinggi yang disebut Kawasan Teknopolitan Pelalawan sebagai simpul dari Jaringan Inovasi Pelalawan, Riau dan Sumatera.

"Artinya, untuk mewujudkan cita-cita Kabupaten Pelalawan yakni Inovasi menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi, Mandiri, Adil dan Makmur), maka tentunya diperlukan jalaninan kerjasama yang lebih baik antara Pemkab Pelalawan

bersama DPRD Pelalawan serta seluruh unsur elemen masyarakat Pelalawan. Dengan demikian, maka kemajuan pembangunan Negeri Amanah ini dapat berjalan dengan maksimal yang tujuan utama untuk kesejahteraan dan kemakmuran Negeri yang kita cintai ini. Jadi, mari sama-sama kita bersinergi untuk mewujudkan kemajuan pembangunan ini dengan mendukung program yang telah dicanangkan serta melakukan pengawasan terhadap pembangunan tersebut," tutupnya. Adv.***
 
 
HOME | ZONARiaU | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF | INDEX
PROFIL | OPINI | PERDA | UNDANG-UNDANG | REDAKSI
Copyright 2011-2014 PT. Elis Pratama Media, All Rights Reserved