Selasa, 06 Desember 2022
  KPK periksa eks Bupati Kuansing dalami aliran uang pengurusan HGU | Kemenkumham Kalteng Raih Penghargaan Kinerja Terbaik III Nasional | Kemenkumham Kalteng Raih Penghargaan Kinerja Terbaik III Nasional | Presiden Berikan Bantuan kepada Para Pengungsi Terdampak Gempa Bumi di Cianjur | Presiden Tinjau Langsung Episentrum Gempa Cianjur | Pemko Pekanbaru Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat
 
 
Senin, 21/09/2020 - 21:38:12 WIB
Dengan Penegakan Disiplin dan Sanksi Hukum Covid-19
KPU: Pilkada Tetap Dilangsungkan 9 Desember 2020
Senin, 24/02/2020 - 13:14:16 WIB
Dua TPS di Riau Tidak Terdata di Google Map
Rabu, 18/03/2020 - 09:52:22 WIB
Sesuai Jadwal
Menko Polhukam Pastikan Pelaksanaan Pilkada Tetap Berjalan
Jumat, 11/09/2020 - 21:03:09 WIB
PSI minta KPU hapus larangan iklan kampanye pilkada di Medsos
Rabu, 05/05/2021 - 13:59:28 WIB
Presiden Jokowi: Rencana Kerja Pemerintah 2022 Usung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural
Selasa, 01/06/2021 - 09:04:43 WIB
Pertamina Akan Rekrut Seluruh Pekerja Blok Rokan
Kamis, 29/04/2021 - 22:24:02 WIB
Erick Thohir Targetkan 10 BUMN Melantai di Bursa Hingga 2023
 
Inhu
Barometer Desa di Inhu
Sekcam Sani Buka Bimtek Pemdes dan Lemdes

Inhu - Laporan: Budi Darma Saragih/Hamdan Siregar - Rabu, 20/12/2017 - 07:54:16 WIB
Sekcam Kecamatan Pasir Penyu Sani, S.Sos (tengah) dan pelaksana Bimtek dan Lemdes, foto bersama usai pembukaan, Selasa (19/12/17). [Foto: Budi/Hamdan]
Inhu, RiauSidik.com - Untuk pertama kalinya Desa Jati Rejo mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) mengenai peningkatan kapasitas Aparatur pemerintahan Desa dan lembaga Desa di Desa Jati Rejo, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Turut hadir bertindak selaku pembuka acara dalam kesempatan itu, Camat Pasir Penyu Bambang Indramawan melalui Sekcam Pasir Penyu Sani, S.sos bersama PD Kecamatan Pasir Penyu Eka Sasiyandi SE. AK, Kades Jati Rejo Eko Harianto, Sekdes Jurizal, Ketua BPD Heri Sutoyo, dan Ketua LPM sekaligus Ketua Panitia Arsad Glembo.

Dikatakan Arsad Glembo, latar belakang kegiatan ini adalah dalam upaya meningkatkan SDM untuk mewujudkan kemajuan disegala aspek, terutama dibidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan masyarakat yang dianggap perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan disetiap perangkat Desa dan lembaga Desa,"kata dia.

Adapun dasar kegiatan ini adalah Undang Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP No.43 Tahun 2014 tentang pelaksanann Undang Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Permen Desa Pembangunan Tertinggal Dan Transmigrasi RI No. 4 Tahun 2015 tentang BUMDES, PERDES, No. 2 Tahun 2015 tentang RPJMDES, PERDES No. 2 Tahun 2016 tentang RKPDES," jelasnya, Selasa (19/12/17).

Dipaparkan Arsad, waktu pelaksanaan berlangsung selama dua hari mulai Selasa tanggal 19 sampai dengan Rabu tanggal 20  Desember 2017 dengan materi tentang, Tugas pokok dan pungsi perangkat desa hubungan dengan lembaga masyarakat desa , Regulasi tentang desa , Kelembagaan masyarakat Desa yang berkaitan dengan badan usaha milik Desa.

Selain itu peserta sebanyak 15 orang terdiri dari unsur perangkat Desa, staf Desa, BPD, LPM, PKK dan Karang Taruna.

Narasumber sebanyak tiga orang, yakni; Sekcam Kecamatan Pasir Penyu Sani, S. sos tentang; Tupoksi pemerintahan Desa dan hubungan antar lembaga Desa, Darmansyah Tenaga Ahli Dinas PMD Pemkab Inhu Bidang ; Kelembagaan masyarakat ekonomi Desa berkaitan dengan BUMDES, dan Bambang Tekno Tenaga Ahli Dinas PMD Pemkab Inhu Bidang; Regulasi tentang Desa.

Selain itu, sumber dana dari APBDES yang bersumber dari APBN tahun 2017 yang menganggarkan dana senanyak 12 juta sudah termasuk pajak, penyerapan untuk dana honorium panitia, uang saku peserta, pembelian baju seragam, konsumsi, ATK, dan alat pendukung lainnya," papar Arsad Glembo.

Ditempat yang sama Kades Jati Rejo, Eko Harianto mengatakan, sangat mendukung kegiatan seperti ini karena Bimtek ini baru pertama kali dilakukan di Desa Jati Rejo, mudah-mudahan kedepan juga ada Bimtek kusus buat ibu-ibu PKK, Karang Taruna atau lembaga Desa lainnya, karena kegiatan ini sangat bermanfaat sekali sebagai sarana edukasi utuk mendukung tugas-tugas pemerintah Desa maupun Lembaga Desa dalam hal peningkatan ekonomi dan pemanpaatan Sumber Daya Manusia (SDM) kususnya diDesa Jati Rejo, oleh karenanya kegiatan seperti ini sangat perlu didukung.

"Kalau dulu kita selalu mengirim satu atau dua orang peserta Bimtek kepulau Jawa dan Bali sekarang kita mampu melaksanakan kegiatan ini sendiri dengan melibatkan banyak unsur pemerintah Desa dan Lembaga Desa, semoga ini bermanfaat dan memiliki daya guna  hendaknya," harap Eko Harianto.

Hal senada disampaikan Sani, S.sos, Sekcam Kecamatan Pasir Penyu. "Kegiatan ini perlu dan kita dukung penuh karena meningkatkan mutu SDM tenaga-tenaga pemerintahan Desa dan Lembaga Desa yang handal Saya setuju kegiatan seperti ini kedepan tidak hanya melibatkan pemerintah Desa maupun Lembaga Desa saja, tetapi juga melibatkan unsur lainnya seperti PKK, Karang Taruna, Kadus, KL, RW, RT, dan sebagainya, pesan Sekcam.

Ditambahkannya, untuk seluruh desa yang ada di Inhu baru Desa Jati Rejo salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pasir Penyu. "Hendaknya ini menjadi barometer bagi Desa lainnya," pesan Sekcam. ***
 
 
HOME | ZONARiaU | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF | INDEX
PROFIL | OPINI | PERDA | UNDANG-UNDANG | REDAKSI
Copyright 2011-2014 PT. Elis Pratama Media, All Rights Reserved