Selasa, 13 April 2021
  Lima Arahan Presiden Jokowi untuk Penanganan Bencana di NTT dan NTB | Kepala BNPB: Kerja Sama Penanganan Bencana di NTT dan NTB Berjalan Maksimal | Pemerintah Siapkan Bantuan untuk Renovasi Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang | KPK Panggil Mantan Dirut Sarana Jaya Yoory C Pinontoan | Bupati Kampar Launching Aplikasi Desa Digital | Bupati Dampingi Komisi VI DPR-RI Tinjau Pembangunan Infrastruktur Tol
 
 
Sabtu, 04/03/2017 - 09:13:32 WIB
Keunggulan Ford Fiesta ST
Kencang dan Bisa Matikan Satu Silinder
Sabtu, 25/03/2017 - 20:00:28 WIB
Siapkan Motor Baru Lagi
Suzuki Kian Bergairah
Rabu, 24/10/2018 - 10:45:09 WIB
Selamat dari Gempa Palu
Atlet Paralayang Singapura Tewas di India saat Beraksi
Selasa, 23/10/2018 - 14:31:38 WIB
Keputusan Nafa Urbach jadi Caleg, Ini Respon Zack Lee
Jumat, 05/10/2018 - 13:26:48 WIB
KPK: Wali Kota Pasuruan Dapat Jatah 10 Persen dari Proyek Rp 2,2 M
Sabtu, 04/03/2017 - 09:05:49 WIB
Tidak Ada di Hatchback Lain
Fitur Baru Hyundai i20 Sport
Senin, 22/10/2018 - 11:45:32 WIB
Bahaya Anak Terjebak Dalam Mobil Dengan Cuaca Panas
 
Nasional
Jelang Pesta Pembangunan dan Peletakan Batu Pertama
Yasonna H Laoly Terima Audiensi Virtual bersama Ephorus BNKP dan Panitia

Nasional - Laporan: Poniman - Rabu, 07/04/2021 - 16:20:44 WIB
Suasana pertemuan/audiensi virtual Yasonna H Laoly (Menkumham RI) dengan Ephorus BNKP dan Panitia, diruang Fraksi PDI-Perjuangan Gedung DPRD Provinsi Riau, Selasa (7/4/2021). [Ft. Pan]
Pekanbaru, Riausidik.com - Bertempat diruang Fraksi PDI-Perjuangan Gedung DPRD Provinsi Riau, terlaksana pertemuan/audiensi secara virtual antara Bapak Yasonna H Laoly (Menkumham RI) dengan Ephorus BNKP Dr. Tuhoni Telaumbanua, M.Si bersama jajaran Panitia Pembangunan Gereja BNKP Kota Pekanbaru Resort 60 BNKP, Selasa (7/4/2021) berjalan cukup lancar penuh sukacita.

Acara virtual yang dipimpin MC oleh Ipda Esafati Daeli, SH. sebagai Sekum Panitia, menyampaikan pembukaan serta memperkenalkan satu persatu yang turut serta dalam pertemuan virtual, dimulai sekiar Pukul 10.25 Wib.

"Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada orang tua kami yang kami banggakan Bapak Yasonna Laoly (Menkumham RI) ditengah kesibukannya menyempatkan diri untuk bertemu virtual bersama kami, pak Ephorus serta panitia," kata Esafati Daeli di ruangan yang difasilitasi Ibu Soniwati Wau tersebut.

Esafati Daeli kemudian memperknalkan satu persatu peserta/panitia yang turut hadir. "Izin pak menteri, berikut kami laporkan yang turut serta dalam virtual ini mulai dari pak Ephorus BNKP, jajaran Panitia, Pembimas Kristen dan katolik Depag. Provinsi Riau. Selain tokoh nias riau juga tokoh batak riau turut hadir pada kesempatan ini," sambung Esafati Daeli.

Sesuai font acara, Ephorus BNKP Tuhoni Telaumbanua dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pak Menteri Yasonna atas perhatiannya untuk BNKP. "Terima kasih pak menteri, apresiasi yang setinggi-tingginya perhatian bapak Menteri untuk BNKP, kata Tuhoni mengawali sambutannya.

Tuhoni kembali mengingatkan panitia, kalau pihaknya pernah mengujungi lahan gereja yang saat ini akan dibangun. Saya pernah mengunjungi lahan gereja BNKP Kota Pekanbaru ini, dan saya perhatikan luar biasa perkembangannya hingga saat ini. Saya dukung rencana mulai ini serta berharap kepada semua untuk menaruh perhatian kedepan," kata pak Ephorus Tuhoni.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Pdt. Martinus Gulo S.Th selaku Ketua Umum Panitia, dihadapan Yasonna Laoly, Pdt Martinus Gulo usai menyampaikan gambaran umum BNKP soal statistik penduduk warga asal pulau nias dan keterbatasan sarana dan prasarana rumah ibadah BNKP di Provinsi Riau, juga menyampaikan soal program jangka pendek panitia.

"Melihat kondisi keterbatasan rumah ibadah BNKP Kota Pekanbaru, pekanbaru sebagai ibu kota provinsi, populasi penduduk warga asal kepulauan nias yang terus meningkat, dipandang perlu membangun rumah ibadah yang lebih memadai," kata Martinus Gulo.

Dikatakan Martinus atas dasar pemikiran itu, majelis dan BPMR 60 BNKP sepakat membetuk panitia Pembangunan Gereja. "Panitia terbentuk telah merancang program salah satunya yakni dalam waktu dekat ini, pada bulan Juni 2021 akan dilaksanakan pesta pembangunan serta peletakan batu pertama gereja BNKP Kota Pekanbaru," urainya.

Dijelaskan Martinus, saat ini BNKP Kota Pekanbaru Resort 60 BNKP telah memiliki lahan (status SKGR) An. BNKP, seluas 20 x 53 meter, diatasnya telah berdiri bangunan sederhana dengan ukuran bangunan 8 x 16 meter menjadi tempat peribadatan tiap minggunya, dengan statistik warga jemaat dari masyarakat pekanbaru asal kepulauan nias hingga saat ini dengan jumlah penduduk 120 KK (kepala keluarga) akumulasi 400 jiwa.

Kota Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau, populasi penduduk yang terus meningkat tajam, berbarengan khususnya masyarakat asal kepulauan nias terus bertambah, namun banganunan yang ada saat ini sudah tidak tertampung lagi. Kendati beribadah tiap minggunya hingga diluar halaman gereja.

Martinus Gulo kemudian merilis hasil desain gereja yang akan dibangun termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk Proyek Pembangunan Gereja BNKP Kota Pekanbaru, dengan luas : 1350M2 (bangunan semi 3 Lt.) membutuhkan dana Rp 4,026,250,234,-, sementara dana terkumpul/tercatat baru Rp. 214.125.000,- sisa kebutuhan dana sebesar Rp. 3.812.125.234, (Tiga milyar delapan ratus dua belas juta seratus dua puluh lima ribu dua ratus tiga puluh empar rupiah).

Yasonna H Laoly setelah mendengar maksud dan tujuan audiensi panitia, pihaknya menyambut baik dan menyampaikan akan menghadiri. "Yaahowu,, Shalom buat kita semua, Terima kasih, saya sudah mendengar, perihal rencana baik dan positif ini saya dukung penuh dan akan saya usahakan hadir, jawab Yasonna.

Kepada panitia diingatkan pak Yasonna, untuk jadwal hari "H" pelaksanaan diberitahu jauh-jauh sebelumnya. "Saya siap hadir, hanya saja agar diberitahu jauh-jauh sebelumnya panitia nantinya. Memang untuk pertengahan tahun 2021 kedepan ini beberapa jadwal saya ke daerah, salah satunya untuk sosialisasi UU Cipta Kerja," kata Yasonna beri sinyal.

Adapun peserta yang turut hadir dalam pertemuan/audiensi virtual bersama Yasonna H Laoly (Menkumham), yakni : Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, M.Si. (Ephorus BNKP/Pembina), Ir. Hinsatopa Simatupang, MM. (Pembina) diwakili Karealitas Zagoto,MM., Sanggup Manullang (Pembina/Swasta/Tokoh Masyarakat Batak Riau), Drs. Sozifao Hia, M.Si. (Penasehat/Anggota DPRD Pelalawan dari PDI-Perjuangan, Soniwati Wau, SH. (Penasehat/Anggota DPRD Provinsi dari PDI-Perjuangan, Anotona Nazara, SE. (Penasehat/Anggota DPRD Kampar dari PDI-Perjuangan), Sefianus Zai, SH. MH. (Penasehat/Swasta/Tokoh Nias Riau), Ranto H. Dakhi (Penasehat/Swasta/Tokoh Nias Riau.

Sementara dari unsur pelindung hadir dari Sahat Lambok Sihombing (Pembimas Kristen Wil. Depag. Provinsi Riau), Alimasa Gea, S.Ag. M.Ag. (Pembimas Katolik Wil. Depag. Provinsi Riau), Pdt. Suryani Halawa, S.Th (Pengarah/Pdt Jemaat), Pdt. Eforius Waruwu, S.Th (Pdt Efrata), Pdt. Ardikal Bali, MA. M.Th. (Pengarah/Tokoh Agama Nias Riau), Samazasa Ndruru Pengarah (BPMR 60), SNK. Hendrik Y. Zega, SE. (Pengarah/Ketua BPMJ).

Selanjutnya dari pengurus harian turut hadir yakni Pdt. Martinus Gulo, S.Th. (Ketum/Praeses 60), Sokhiatulo Laia (TALABU) (Ketua I/Swasta), Kompol A. Gea, SH. MH. (Ketua II/Tokoh Masyarakat Nias Riau), SNK. Ama Libertin Zendrato (Ketua III/Majelis), Ipda. Esafati Daeli, SH. (SEKUM/Kanit Serse), Amponiman Bate’e (W. Sekum/Sekjem Jemaat), Yulius Zai (Bendum). ***

Editor; Yenni
 
 
HOME | ZONARiaU | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF | INDEX
PROFIL | OPINI | PERDA | UNDANG-UNDANG | REDAKSI
Copyright 2011-2014 PT. Elis Pratama Media, All Rights Reserved