Minggu, 02 Oktober 2022
  Menteri Yasonna H Laoly Akan Meletakan Batu Pertama BNKP Kota Pekanbaru | KPK Nyatakan Tak Benar Anies Baswedan Tersangka Kasus Formula E | Presiden Jokowi Tinjau Penyerahan Motor di Kodim 1503/Tual | Presiden Akan Bagikan Bansos hingga Bertemu Peternak Kerbau | Ini Strategi Pemerintah Dorong Ketahanan Pangan untuk Hadapi Dinamika Global | Pemcam Binawidya Siap Sukseskan Vaksinasi Merdeka
 
 
Sabtu, 24/09/2022 - 09:07:33 WIB
Bersama Ephorus BNKP
Menteri Yasonna H Laoly Akan Meletakan Batu Pertama BNKP Kota Pekanbaru
Kamis, 15/09/2022 - 07:00:05 WIB
KPK Nyatakan Tak Benar Anies Baswedan Tersangka Kasus Formula E
Kamis, 15/09/2022 - 06:52:51 WIB
Bersama Menhan Prabowo
Presiden Jokowi Tinjau Penyerahan Motor di Kodim 1503/Tual
Kamis, 15/09/2022 - 06:45:14 WIB
Hari Kedua di Provinsi Maluku
Presiden Akan Bagikan Bansos hingga Bertemu Peternak Kerbau
Kamis, 15/09/2022 - 06:37:52 WIB
Ini Strategi Pemerintah Dorong Ketahanan Pangan untuk Hadapi Dinamika Global
Kamis, 15/09/2022 - 06:32:24 WIB
Pemcam Binawidya Siap Sukseskan Vaksinasi Merdeka
Kamis, 15/09/2022 - 06:26:10 WIB
Pj Wali Kota Pekanbaru Akan Panggil Lagi Kontraktor IPAL
Senin, 21/09/2020 - 21:38:12 WIB
Dengan Penegakan Disiplin dan Sanksi Hukum Covid-19
KPU: Pilkada Tetap Dilangsungkan 9 Desember 2020
Senin, 24/02/2020 - 13:14:16 WIB
Dua TPS di Riau Tidak Terdata di Google Map
Rabu, 18/03/2020 - 09:52:22 WIB
Sesuai Jadwal
Menko Polhukam Pastikan Pelaksanaan Pilkada Tetap Berjalan
Jumat, 11/09/2020 - 21:03:09 WIB
PSI minta KPU hapus larangan iklan kampanye pilkada di Medsos
Rabu, 05/05/2021 - 13:59:28 WIB
Presiden Jokowi: Rencana Kerja Pemerintah 2022 Usung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural
Selasa, 01/06/2021 - 09:04:43 WIB
Pertamina Akan Rekrut Seluruh Pekerja Blok Rokan
Kamis, 29/04/2021 - 22:24:02 WIB
Erick Thohir Targetkan 10 BUMN Melantai di Bursa Hingga 2023
 
Rohil
Tandatangani Deklarasi
Bupati Rohil Optimis Target Penurunan Angka Stunting Tercapai

Rohil - Laporan: Ramli R. - Rabu, 13/07/2022 - 21:55:58 WIB
Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP foto bersama sejumlah kepala daerah kabupaten/kota se-Riau serta sejumlah pejabat Pemprov Riau saat menghadiri acara terkait penurunan angka stunting di Pekanbaru, Senin (30/5/2022).
Bagansiapiapi, Riausidik.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP menegaskan pemerintah daerah berkomitmen dalam melaksanakan konvergensi penurunan stunting di Rohil. Hal itu dikemukakan bupati melalui rilis, berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan pemprov Riau  dalam rangka intervensi stunting tahun 2022.

Acara dibuka oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Joni Irwan,  Senin (30/5) di Pekanbaru. Penilaian kinerja ini merupakan catatan indikator kinerja yang menghasilkan rekomendasi yang akan dikirimkan oleh pemerintah provinsi kepada kabupaten-kota agar dapat menghasilkan penilaian kinerja kabupaten/kota tahun ini dengan lebih baik.

Penegasan bupati itu sebagaimana yang tertuang dalam dokumen perencanaan RPJMD yakni misi ketiga yaitu mengembangkan sumber daya manusia berkualitas melalui peningkatan derajat kesehatan dan derajat pendidikan individu dan masyarakat dengan sasaran peningkatan kualitas kesehatan.

Untuk itu dalam penilaian kinerja pelaksanaaan intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2022, di mana Rohil peduli dengan program gizi, nutrisi, air bersih, sanitasi dan imunisasi.

"Pemerintah daerah dan masyarakat bersinergi dalam penurunan stunting di Rohil. Kita optimis Kabupaten Rohil bisa mencapai target penurunan angka stunting," katanya.

Dalam kegiatan penilaian kinerja pelaksanaan intervensi stunting tahun 2022, terangnya, Pemda Rohil melibatkan seluruh OPD dan kecamatan se-kabupaten.

Sementara intervensi spesifik program stunting di Rohil di antaranya pemberian makanan tambahan pada ibu hamil, dan balita gizi kurang, melakukan rapat koordinasi, monitoring dan evaluasi stunting, kegiatan edukasi pengasuhan 1.000 HPK bagi ibu hamil dan keluarga dan kegiatan pemahaman kespro dan stunting bagi calon pengantin.

"Pemkab Rohil juga melaksanakan program pengembangan kinerja pengelolaan air minum, sanitasi, peningkatan diservikasi dan ketahanan pangan, memasyarakatkan gemar makan ikan dan program PKH di kecamatan," katanya.

Selama kegiatan penilaian stunting ini, Pemda Rohil membuka stan bazar bersama dengan kabupaten lainnya dengan menampilkan produk-produk yang mengandung gizi yang berguna untuk pencegahan stunting dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi pembinaan pelaksanaan intervensi stunting dari masing-masing kabupaten.

Acara program penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan intervensi stunting tahun 2002 yang ditaja Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Riau dihadiri Bupati Rohil, bupati/wakil bupati se-Riau, Sekdakab Rohil Drs H Ferry H Parya, Ketua TP PKK Rohil Sanimar SPd dan Kabid Kominfo Hasnul Yamin.

Bupati Rohil Tandatangani Deklarasi
Betitatrends, Bupati Rokan Hilir (Rohil) – Afrizal Sintong SIp menandatangani deklarasi aksi komitmen dan kesepakatan bersama berbagai pihak untuk mendukung percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Rohil, Senin (4/6/2022) diAula sakah satu hotel Bagansiapiapi dalam acara “Rembuk stunting.


Penandatanganan tersebut diikuti Wakil Bupati H Sulaiman, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Wakil Ketua PKK Sari Eka Rahmi, Plt Dinas Kesehatan Afridah, seluruh kepala dinas, kepala puskesmas se Rohil, seluruh Camat dan beberapa kepenghuluan yang menjadi Lokus penanganan stunting tahun 2022.

Rembuk stanting itu untuk memastikan sebagai bentuk deklarasikan komitmen pemda dalam menangani stunting, menjadi ajang pembelajaran yang dapat memotivasi Pemda Rohil dan jajaran untuk meningkatkan kinerjanya dalam penanganan stunting.

Bupati Afrizal Sintong  mengaku optimis kedepannya tingkat stunting bagi anak yang terjadi di wilayah Rohil bisa mengalami penurunan.

“Insya Allah, saya yakin jika kita semua mulai dari datuk penghulu, pihak posyandu, kepala puskesmas, camat, dinkes dan sebagainya saling bekerja keras untuk kpenurunan stunting, maka kedepan kasus stunting yang terjadi tentu menurun,” katanya didampingi wabup H Sulaiman SS MH.

Untuk memperhatikan bukan juga kepada anak-anak yang telah lahir namun bisa dimulai dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan gizi yang baik untuk  ibu hamil.

“Berikan perhatian yang baik, dan itu menjadi tugas kita bersama, Harus diperhatikan, bagaimana puskesmas, posyandu sebagai yang terdekat bisa memantau, memberikan laporan mengenai angka stunting yang terjadi di setiap wilayahnya,” kata bupati.

Sehingga diyakini tambahnya kalau bekerja sama, saling bekerja keras angka penurunan stunting terjadi.

Apalagi baru-baru ini pada saat menghadiri kegiatan tingkat propinsi Riau, juga diketahui bahwa angka stunting di Rohil telah menurun walaupun masih dalam jumlah kecil.
Baca Juga  Kunker Ke Rohul, Kapolda Riau : Vaksinasi Bukan Bebas Sepenuhnya Dari Covid-19, Tapi Harus Taat Prokes

“Persoalan stunting ini harus kita dukung, begitu juga setiap sosialisasi perlu dilakukan lebih gencar lagi sampai ke tingkat kepenghuluan yang ada di Rohil,” katanya. *** (Advertorial)
 
 
HOME | ZONARiaU | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF | INDEX
PROFIL | OPINI | PERDA | UNDANG-UNDANG | REDAKSI
Copyright 2011-2014 PT. Elis Pratama Media, All Rights Reserved