Perihal Preservasi Jalan Sp. Lago

Satker PJN Wilayah II Riau Sampaikan Klarifikasi Berita

Preservasi Jalan Sp. Lago – Buatan – Siak Sri Indrapura. [Foto: Riausidik.com]
Pekanbaru, Riausidik.com - Sebagaimana peranan media dan Lsm, atas artikel sebelumnya, Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Riau melalui Direktorat Jenderal Bina Marga –Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), memberikan klarifikasi.

Klarifikasi perihal pelaksanaan pekerjaan Preservasi Jalan Sp. Lago - Siak Sri Indrapura, disampaikan PPK 2.1 oleh Ahmad Rivin Damanik, ST. kepada Riausidik.com Rabu (17/8/2022) siang di Pekanbaru.

Menjawab beberapa tudingan Lsm Gerhana sebelumnya, Ahmad Rivin Damanik mengatakan, pihaknya melakukan upaya optimal dalam Preservasi Jalan Sp. Lago – Sp. Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura, "Dengan perkerasan aspal di beberapa titik segmen jalan di RuasJalan Sp. Lago – Sp. Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura serta diawasi dengan ketat oleh pihak pengawas dan konsultan," terangnya.

Terkait pekerjaan panjang berapa efektif sebagaimana yang ditanyakan sebelumnya, Ahmad Rivin Damanik mengatakan untuk Ruas Jalan Sp. Lago – Sp. Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura dikerjakan sesuai target. "Realisasi pekerjaan panjang efektif 64,42 Km," jelas Rivin.

Preservasi Jalan Sp. Lago – Buatan – Siak Sri Indrapura. [Foto: Riausidik.com]

Diketahui tambah Rivin Damanik, kondisi ruas jalan diatas (red) sebelumnya tidak bagus berlobang dan bergelombang. "Kondisinya saat ini, setelah dikerjakan sangat baik. Kita harapkan kualitas jalan nasional yang memadai akan memberikan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan," tambahnya.

Selain pengaspalan jalan, tambah Ahmad Rivin , dalam Preservasi Jalan Sp. Lago – Buatan – Siak Sri Indrapura juga dilakukan penanganan rutin. Item lain adalah seperti pengendalian tanaman dan pembersihan drainase agar saluran air berjalan lancar.

"Penanganan drainase ini bertujuan agar air permukaan dari badan jalan akan masuk ke drainasi sehingga tidak tergenang di badan jalan maupun badan jalan agar mempertahankan kemantapan jalan," jelas Rifin.

Sementara berdasarkan pengamatan Riausidik.com di lapangan, PT Bangun Purba Satahi selaku kontraktor pelaksana Preservasi Jalan Sp. Lago – Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura tampak mengerahkan beberapa alat berat untuk melakukan pengaspalan hotmix di beberapa segmen. Dan dari pengamatan kami juga hasil pekerjaan Cukup bagus dan sudah sesuai dengan Kaidah teknis dan spesifikasi teknis.

Preservasi Jalan Sp. Lago – Buatan – Siak Sri Indrapura. [Foto: Riausidik.com]

Sejumlah warga pun yang melintaspun menyampaikan apresiasi kepada kementerian PUPR. Herman salah seorang pengguna jalan yang ditemui Riausidik.com Selasa (16/8/2022) dilokasi tepat di Dayun Kabupaten Siak mengatakan, pengaspalan jalan ini akan sangat bermanfaat bagi masyaratkat. “Masyarakat pengguna jalan tentu berterima kasih kepada pemerintah melalui PUPR yang melakukan pengaspalan jalan ini,” katanya.

Dikatakan Herman, dengan jalan yang semakin bagus, maka ekonomi masyarakat setempat juga semakin meningkat dengan adanya transportasi yang lancar. " Selain itu, juga merupakan jalur menuju daerah objek wisata di Siak dan menuju Pelabuhan Tanjung Buton di Mengkapan Kabupaten Siak.

Jadi lanjutnya, dengan makin meningkatnya kemantapan jalan pada Ruas Jalan Sp. Lago – Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura, maka akan meningkatkan tingkat kenyamanan dan keselamatan. "Kususnya para wisatawan yang menuju objek wisata dan kenyamanan pengguna jalan menuju Pelabuhan Barang dan Orang di Tanjung Buton Mengkapan Kabupaten Siak Provinsi Riau," tutup Herman. ***

Editor: Wenny
TERKAIT